Jumat, 11 November 2011

Desa walahar(dewa)

Desa walahar adalah sebuah desa yang sangat terpencil,karena tenpatnya yang berada di antara desa sepat,paningkiran,krasak dan juga desa cupang,walau desa ku berada di tempat yang sempit dan terpencil aku bangga menjadi warga desa walahar,.
asal usul dari desa walahar adalah ketika dahulu kala ketika sebuah gunung yang berada di desa cupang itu pernah meletus,gunung yang meletus itu bernama gunung jaya ,ketika gunung itu meletus sebuah lahar yang saangat dingin itu berserakan hingga ke desa ku yang terpencil itu,hingga pada saat itu banyak bangget asep dan debu yang berserakan.sehingga desa ku itu lah bisa di sebut dengan desa wwalahar yang nama kecamatannya adalah gempol,tapi dahulu desa ku ini bukan kecamatan gempol,melainkan ciwaringin,karena desa walahar ini di kelilingi oleh sebuah sungai yang aliran sungai ini berpusat di ciwaringin.dan nama kabupaten di desa ku ini bernama cirebon,aku pun tidak tau betul kenapa desa ku ini berbeda denga desa yang lain yang berkabupaten majalengka,tapi aku berpikir mungkin saja,desa ku ini bi mendapatkan kabupaten cirebon karena desa ku dan desa cupang berada berdekatkan sedangkan di belakang desa cupang adalah gunung dimana bila kita menuruni gunung itu maka kita akan langsung berada di daerah cirebon.itulah asal usul desa ku yang menggapa bisa dinamai desa walahar,kabupaaten cirebon,kecamatan gempol.law propinsi mah sudah pasti jawa barat karena desa ku berada di tengah-tengah dan republinya pansti indonesia.
Di desa walahar ini adalah desa yang siaga yang siap akan sega macam bencana bila suatuatu saat nanti desa ku ini akan tertimpa musibah,bismillah kita semu bakal siap untuk menghadapinya.bukan cuma desa nya saja yang siaga tapi juga lirah dan warganya adalah penduduk yang sangat-sangat baik dan peduli,apalagi desa walahar yang berada di sebelah timur laut,yaitu desa dimana tempat aku tinggali.di sana aku berada di rt1.rw1.semua orang yang berada di rt1.rw1 itu semua adalah saudara-saudara ku yang berasal dari satu buyut.aku juga tidak pernah bisa untuk percaya,kalaw tenyata aku dan teman-teman ku di sana adalah satu saudara.
Sehingga bila hari lebaran tiba di sana terasa seperti semut yang sedang bersalaman karena begitu banyaknya saudara yang datang ke rumah ku.
Walau di desa ku ini tidak ada trempat yang bisa untuk di jadikan sebuah wisata,tapi aku ini bangga bisa menjadi warga desa walahar ini,karena di tempat ku tinggali ini semua oarangnya baik dan murah senyum apalagi di,desa walahar yang sebelah timur laut.disana ada sekelompok ank yang selalu bekerja sama yaitu,walkid adalah nama deesa ku yang berada di sebelah timur nama anak-anak walkidnya dinamai dengan putra-putri walkid.di desa ini lah aku lahir dan besar hingga aku bisa berada dan masuk ke SMA ini,desa ku lah yang telah membuat aku bisa berteduh dari segala macam cobaan .desa inilah yang bisa aku jadikan sebagai keluarga dan sebagai tempat ku bersosialisasi .
Aku cinta dengan desa ku ini,

4 komentar:

  1. subhanallah...desaku yang ku cinta. selalu menjadi tempat kita kembali meski kita sukses diluar sana, tapi desakulah yang menjadi tujuan tempat kita kembali...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus